PELATIHAN PUAP DITEMPAT MILITER

Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) merupakan bentuk fasilitasi bantuan modal usaha untuk petani anggota, baik petani pemilik, petani penggarap, buruh tani maupun rumah tangga tani yang dikoordinasikan oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) merupakan kelembagaan tani pelaksana PUAP untuk penyaluran bantuan modal usaha bagi anggota. Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan PUAP, Gapoktan didampingi oleh tenaga Penyuluh Pendamping dan Penyelia Mitra Tani (PMT). Melalui pelaksanaan PUAP diharapkan Gapoktan dapat menjadi kelembagaan ekonomi yang dimiliki dan dikelola petani.

Untuk mencapai tujuan PUAP, yaitu mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran di perdesaan, PUAP dilaksanakan secara terintegrasi dengan kegiatan Kementerian Pertanian maupun Kementerian/ Lembaga lain di bawah payung program PNPM Mandiri.

Demi keberhasilan pelaksanaan program PUAP Pemerintah Kabupaten Cianjur memberikan pelatihan program PUAP bagi para penyuluh pendamping dan Gapoktan yang mendapat program PUAP yang dilaksanakan di Pusat Pendidikan Infantri (PUSDIKIF) Cipatat Kabupaten Bandung Barat, mulai tanggal 3 September 2010 sampai dengan 8 September 2010. Banyak hal yang menjadi pengalaman waktu pelatihan tersebut, hal ini dialami karena pelatihan ini dilaksanakan pada saat menjelang lebaran.

Mudah-mudahan dengan pelatihan di Pusdikif dengan nuansa militer dapat memberikan motivasi bagi para peserta bahwa dalam pelaksanaan nanti mental kita seperti mental para militer di medan perang, dan siap menjalankan program PUAP demi kesejahteraan petani. Semoga…
Previous
Next Post »
2 Komentar

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!