AGRIBISNIS PALA SEMAKIN MENGGIURKAN - Abdul Sidik.COM

728x90 AdSpace

Wednesday, January 12, 2011

AGRIBISNIS PALA SEMAKIN MENGGIURKAN

Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauanBandaMaluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempahbuah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi sampai dengan sekarang.
Seperti yang diberitakan kompas (12/1/2011) bahwa akhir-akhir ini harga pala terus meroket, harga mencapai titik tertinggi dibandingkan dengan yang pernah terjadi. Kenaikan harga tersebut disebabkan tingginya permintaan pasar, sementara pasokan pala dari petani sudah menipis seiring dengan berakhirnya masa panen. di Ambon, Maluku, Rabu (12/1/2011), biji pala yang dibeli dari petani kini seharga Rp 80.000-Rp 90.000 per kilogram. Adapun harga bunga pala Rp 185.000-Rp 200.000 per kg.
Biji pala mengandung minyak atsiri 7-14%. Bubuk pala dipakai sebagai penyedap untuk roti atau kue, puding, saus, sayuran, dan minuman penyegar (seperti eggnog). Minyaknya juga dipakai sebagai campuran parfum atau sabun.
Sebelum dipasarkan, biji dijemur hingga kering setelah dipisah dari fulinya. Pengeringan ini memakan waktu enam sampai delapan minggu. Bagian dalam biji akan menyusut dalam proses ini dan akan terdengar bila biji digoyangkan. Cangkang biji akan pecah dan bagian dalam biji dijual sebagai pala.
Anda memiliki kebun pala? Silahkan masih terbuka luas peluang untuk pemasarannya. Selamat beragribisnis pala…
AGRIBISNIS PALA SEMAKIN MENGGIURKAN Reviewed by Abdul Sidik on 9:35 PM Rating: 5 Pala  (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa  pohon  yang berasal dari kepulauan Banda ,  Maluku . Akibat nilainya yang tinggi seba...

8 comments:

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!