3 CARA MENDESAIN ULANG JAJANAN CINCAU - Abdul Sidik.COM

728x90 AdSpace

Friday, February 4, 2011

3 CARA MENDESAIN ULANG JAJANAN CINCAU

Pernahkah anda membayangkan kalau jajanan yang sering ditawarkan di jalanan seperti Cincau menjadi bisnis yang lebih menguntungkan? Bagaimana caranya ya...

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana mendesain kembali jajanan cincau yang paling banyak digemari, oleh masyarakat.

Anda tertarik? Ok, silahkan lanjutkan membaca janan cincau ini... Anda pasti sudah tahu bahwa ada dua jenis cincau yang umum dijajakan, biasanya didorong, terus yang ngedorongnya udah sepuh…hmmm jadi kasihan.

Kata "cincau" sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (Hanzi: 仙草, pinyin: xiancao). Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.

Eh malah ngebahas yang jualnya, bukan jualannya, ok ada dua jenis cincau yaitu cincau hijau dan cincau hitam. Anda tahu ga bahwa kata 'cincau' ini berasal dari dialek Hokkian, sienchau. yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara.

Namun biasa, lidah orang Indonesia, kata tersebut kemudian lebih akrab, disebut cincau. Seperti kata Belanda kalau sama orang tua dulu di sunda disebut walanda. Tapi ga tau kalau di Pekanbaru atau di Sumatra Barat, apakah sama atau tidak…?

Ok, kita kembali ke leptop!…Cylea barbata Myers merupakan tumbuhan yang menghasilkan cincau berwarna hijau. Cincau hijau sendiri bertekstur dan agak lebih padat dibanding dengan cincau hitam.

Lantas apa yang harus dilakukan supaya jajanan ini bisa didesain ulang menjadi jajanan yang lebih menguntungkan dan digemari oleh semua kalangan masyarakat?, berikut caranya:

Rubah Kemasan
Kalau saya lihat, secara umum pedagang cincau, hanya mengandalkan kantong plastik transparan, untuk membungkus cincau tersebut, padahal kalau mau meningkatkan nilai jualnya, perlu ada sedikit sentuhan inovasi kemasan agar lebih menari dan meningkatkan hasrat untuk membeli.

Desain Kemasan Cincau yang lebih menarik pasti membuat orang tidak malu lagi kalau mau makan cincau, misalnya makan cincau diangkot, makan cincau ditempat ramai dan lain sebagainya, coba aja makan cincau yang pake plastik transparan, ditempat ramai atau diangkot, surupuuut…hmmm, kebayang orang liatin…

Rubah Image negatif
Image negatif yang sekarang terjadi pada pedagang cincau adalah, tidak sehat, terlihat tidak bersih. Padahal kalau mau merubah image negatif pada cincau ini, bisa dilakukan dengan tempat dagangnya yang bersih, pedagangnya juga rapih, kemasannya juga terlihat bersih.

Buat Variasi Rasa
Coba rasa cincau bagaimana? Ya gitulah…kenyal-kenyal dicampur gula sugeer… namun kalau mau lebih menarik, anda bisa menambah variasi rasa cincau, misalnya ada rasa strobery, rasa jeruk dan lain sebagainya, atau kalau kreatif cincau dicampur dengan buah-buahan boleh juga tuh… dijamin pasti akan meningkatkan nilai jual cincau.

Keberhasilan para wirausahaan muda, terutama yang mengangkat jajanan-jajanan jalan menjadi jajanan kelas elite. Hanya bermodalkan keberanian mendesain ulang jajan jalanan ini menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Saya rasa cukup tiga dulu ya, cara mendesain ulang jajanan cincau ini, tapi kalau ada yang mau menambahkan supaya jajanan cincau lebih menarik dan tentunya lebih menguntungkan, silahkan berbagi…
3 CARA MENDESAIN ULANG JAJANAN CINCAU Reviewed by Abdul Sidik on 6:41 AM Rating: 5 Pernahkah anda membayangkan kalau jajanan yang sering ditawarkan di jalanan seperti Cincau menjadi bisnis yang lebih menguntungkan? Bagaiman...

43 comments:

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!