5 KUNCI RAHASIA MENEMBUS PASAR SUPERMARKET

Dalam kegiatan agribisnis, pemasaran merupakan bagian dari kegiatan off farm. Sehingga sangat penting diperhatikan kalau anda benar-benar ingin sukses dalam kegiatan agribisnis.

Nah… pada postingan kali ini, saya akan membahas 5 rahasia yang dapat anda lakukan, supaya agribisnis anda bisa menembus pasar supermarket.

Sebelumnya saya akan ilustrasikan dulu, pernahkah anda melihat sayuran dipajang di supermarket? Pernahkah anda melihat buah-buahan ditampilkan dengan cantik di pasar swalayan? Coba, bagaimana produk pertanian tersebut bisa dipajang di supermarket atau swalayan terkenal?

Bagaimana sudah terbayang? Ok, kalau sudah… saya akan jelaskan apa sih rahasianya, sehingga produk-produk tersebut bisa dipajang di Supermarket?. Ada 5 Kunci Rahasia untuk menembus Pasar Supermarket.

Kunci Rahasia Pertama: Produk
Yang ini cukup jelas, supermarket mau jual apa kalau anda tidak punya produk. Produk dalam bidang pertanian cukup beragam, sebaiknya pilih yang memiliki harga stabil dan selalu dibutuhkan, namun memiliki daya simpan yang lama. Contoh: Cabai Paprika, harganya relatif stabil, paprika juga banyak diminta oleh pasar supermarket.

Kunci Rahasia Kedua: Jaminan Kualitas
Jaminan kualitas dalam kegiatan agribisnis, kalau ditingkat petani bisa dengan sertifikat kebun, sertifikat organik, sertifika cara budidaya yang baik dan benar (Good Agricultural Practices/GAP).

Kalau dalam pengolahan pasca panen ada sertifikat Good Handling Practices (GHP), sertifikat BPOM atau P-IRT kalau yang dijual produk olahan misalnya dodol atau keripik singkong, sertifikat dari MUI misalnya untuk produk seperti abon, dan lain sebagainya. Tentunya ini akan menjadi nilai lebih bagi produk yang anda pasarkan.

Kunci Rahasia Ketiga: Kontinyu
Pasar swalayan atau anda mengenalnya dengan supermarket, minimarket, midimarket,  atau hypermarket. Paling tidak suka kalau produk yang lagi dibutuhkan konsumen tidak ada. Kalau anda tidak bisa Kontinyu mengirimkan produk ke supermarket tersebut, bersiap-siaplah anda ditinggalkan…

Kunci Rahasia Keempat: Disiplin Pengiriman
Jika anda sebagai suplayer tidak dapat memenuhi persediaan produk yang diminta, maka anda harus memberitahukan lebih awal kepada pihak terkait di pasar modern tersebut. Produk yang dikirim harus selalu memenuhi order dan jumlah dan spesifikasi yang diminta.

Kunci Rahasia Kelima: Trading Term
Biasanya Supliyer dan pihak pasar modern atau supermarket membuat kesepakatan yang biasanya dituangkan dalam trading term. Biasanya dalam trading term tersebut menyebutkan mengenai kesediaan untuk selalu memenuhi stok produk dan persediaan produk yang diminta oleh pasar modern.

Sistem pembayaran pada anda, harus diperhatikan, umumnya pasar supermarket membayar dengan cek yang dapat dicairkan sebulan sekali. Sehingga anda perlu memiliki kas untuk membayar harian pada petani sebagai pemasok produk.

Beban-beban yang ditanggungkan pada produk anda juga harus secara cermat diperhatikan, karena suka ada supermarket yang membebankan biaya promosi, biaya ulang tahun supermarket, biaya stand dan lainnya. Teliti dengan cermat…

Bagaimana sudah siap anda beragribisnis? Kalau sudah siap segera manfaat kelima kunci RAHASIA tersebut. Dijamin anda akan sukses masuk pasar supermarket, nah sekarang bagaimana, apakah anda memiliki kunci rahasia lain? Ayo berbagi…
Previous
Next Post »
58 Komentar

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!