CARA MUDAH MENENTUKAN SAMPLING DENGAN EASYSAMPLE - Abdul Sidik.COM

728x90 AdSpace

Friday, February 11, 2011

CARA MUDAH MENENTUKAN SAMPLING DENGAN EASYSAMPLE

Cara menentukan sampling dengan EasySample, itulah yang akan dibahas pada artikel hari ini, penentuan sampel penelitian, sering menjadi kendala bagi sebagian peneliti, terutama bagi peneliti pemula...

Sebelum membahas tentang langkah-langkah dalam penentuan sampling dengan easy sample. Saya ingin anda mengetahui dulu bahwa yang dimaksud dengan sampling atau penarikan sampel adalah “proses untuk mendapatkan sampel dari suatu populasi”. Disini sampel harus benar-benar mencerminkan populasi.

Software EasySample adalah alat untuk sampling statistik.  Software EasySample mendukung beberapa jenis sampling. Selain bisa menentukan ukuran sampel, program ini juga bisa menghitung confidence level (tingkat kepercayaan) dari sampel acak dan menghitung probabilitas menemukan error dari sampel.

Selain itu Software EasySample memiliki fasilitas statistik sederhana seperti menghitung jumlah,rata-rata, standar deviasi, dan fasilitas untuk mendapatkan angka random yang berguna untuk memilih sampel.

Nah, sekarang bahas langkah-langkah dalam penentuan sampling dengan EasySample.

Pertama, tentunya anda harus menginstall dulu EasySample, anda bisa mendapatkannya di http://www.twinklesoft.com. atau 
Anda bisa mengunjungi alamat berikut:
http://www.brothersoft.com/easysample-download-153667.html

Kedua, tampilan awal dari software EasySample adalah sebagai berikut:

Gambar 1. Tampilan Awal EasySample

Untuk menghitung sampel penelitian, misalnya kasusnya, anda akan meneliti tentang Pelaku Agribisnis Pisang. Dimana populasi yang ada adalah 500 orang pelaku agribisnis. Tingkat kesalahan yang anda harapkan adalah sebesar 5% dengan tingkat ketelitian sebesar 10% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Silahkan anda masukkan angka-angka tersebut dan klik tombol Calc Sample Size, maka akan diperoleh jumlah sampel yang dibutuhkan yaitu sebesar 46.633, kalau anda ingin membulatkan ke atas berarti sampel yang harus digunakan adalah sebanyak 47 orang pelaku agribisnis. Sebagaimana ditampilkan pada hasil perhitungan Software EasySample di bawah ini.

Gambar 2. Tampilan Hasil Perhitungan EasySample
Bagaimana, cukup mudahkan menghitung sampel penelitian? Jadi sekarang tidak usah bingung lagi ya, mudah-mudahan artikel mengenai Cara menentukan sampling dengan EasySample dapat bermanfaat bagi anda.

Apakah anda memiliki informasi software statistik untuk menghitung sampel penelitian selain EasySample? Ayo segera informasikan…
CARA MUDAH MENENTUKAN SAMPLING DENGAN EASYSAMPLE Reviewed by Abdul Sidik on 5:42 AM Rating: 5 Cara menentukan sampling dengan EasySample , itulah yang akan dibahas pada artikel hari ini, penentuan sampel penelitian, sering menjadi ke...

37 comments:

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!