RAHASIA MERINTIS AGRIBISNIS TANPA MODAL - Abdul Sidik.COM
Friday, February 18, 2011

RAHASIA MERINTIS AGRIBISNIS TANPA MODAL

[Agribisnis] Rahasia Merintis Agribisnis Tanpa Modal- Ada banyak peluang agribisnis belum dimanfaatkan, karena masih terkendala masalah modal. Nah saat ini saya akan berbagi, bagaimana dasar-dasar merintis agribisnis tanpa MODAL…

Petani Sayuran di Desa Ciherang-Pacet-Cianjur
Dok. Abdul Sidik
Bisakah, anda merintis agribisnis tanpa modal? Jawabannya bisa!, namun supaya tidak salah persepsi, yang dimaksud modal disini adalah “modal uang” ya…

Kalau anda tidak memiliki UANG sebagai modal untuk merintis Agribisnis yang anda damba-dambakan, nah inilah rahasianya…

Rahasia Pertama: Tentukan Tujuan Agribisnis.
Menentukan agribisnis apa yang akan dijalankan, merupakan hal pertama yang harus segera dipikirkan. Apakah anda akan bermain di SISTEM AGRIBISNIS atau mau main di subsistem agribisnis.

Subsistem Agribisnis itu ada lima yaitu;
  • Subsistem penyediaan sarana produksi (jualan pupuk, pestisida, bibit, dll).
  • Subsistem usaha tani atau proses produksi (nanam sayur, ternak ayam, budidaya lele, dll).
  • Subsistem agroindustri/pengolahan hasil (dodol wortel, manisan pepaya, selai tomat, dll).
  • Subsistem pemasaran (jual ke pasar tradisional atau ke supermarket), dan.
  • Subsistem penunjang (kelompok tani, penyuluhan agribisnis, koperasi agribisnis dll).

Silahkan tentukan posisi anda, anda mau main dimana?

Rahasia Kedua: Manfaatkan Modal Relasi.
“Banyak teman, banyak rejeki”. Akan sangat membantu ketika anda tidak memiliki modal, karena selama ini banyak orang yang punya uang namun tidak bisa memanfaatkan. Ada orang yang tidak punya uang namun mampu menggulirkan uang dengan baik.

So, dekatilah orang-orang yang seperti ini. Jalinlah komunikasi dengan baik, ungkapkan niat anda, ceritakan langkah-langkah kegiatan agribisnis yang belum, sedang dan sudah,  ditempuh.

Rahasia Ketiga: Gali modal keahlian anda.
Semua orang memiliki potensi keahlian untuk bisa beragribisnis. Namun masih jarang menyadarinya, mulai sekarang kalau anda tidak memiliki modal (uang) untuk merintis agribisnis. Silahkan sambil tersenyum pikirkan kira-kira potensi keahlian apa yang dapat anda gali untuk segera dimanfaatkan.

Namun bagaimana kalau anda belum dapat menggali modal keahlian tersebut? Silahkan manfaatkan modal relasi. Barangkali ada rekan anda yang memiliki keahlian tertentu dalam bidang agribisnis. Bila perlu anda berguru padanya untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang agribisnis yang anda dambakan…

Misalnya anda belum ahli dalam pembibitan lele, nah ada teman anda yang sudah ahli bahkan sudah menjual keberbagai daerah, nah anda bisa ikut magang ditempatnya.

Rahasia Keempat: Manfaatkan modal tempat.
Kalau anda serius mau merintis beragribisnis, mulai lirik kanan kiri, mungkin ada tempat yang belum terpakai dilingkungan yang menurut anda cocok untuk mengawali agribisnis tersebut.

Kalau sudah dapat segera hubungi, dan mintalah bekerjasama dengan yang punya tempat, masalah point-point kerjasama tentunya harus menguntungkan kedua belah pihak. Sehingga anda tidak perlu menyewanya. Anda akan menikmati tempat usaha gratis…

Saya rasa cukup dulu nich untuk postingan tentang Rahasia Merintis Agribisnis Tanpa Modal. Andai anda memiliki ide, gagasan, pemikiran atau pengalaman mengenai merintis agribisnis dan cara mengatasi modal (uang) dalam beragribisnis, atau anda ingin menambahkan, dengan senang hati, silahkan berbagi disini…

NB: Kalau ingin menambah referensi peluang Agribisnis GRATIS, silahkan hubungi Customer Support.
RAHASIA MERINTIS AGRIBISNIS TANPA MODAL Reviewed by Abdul Sidik on 3:39 PM Rating: 5 [Agribisnis] Rahasia Merintis Agribisnis Tanpa Modal - Ada banyak peluang agribisnis belum dimanfaatkan, karena masih terkendala masalah mo...

45 comments:

  1. Terimakasih share artikelnya
    Sukses selalu

    ReplyDelete
  2. ini yang saya suka dari sobat, setiap main ke blog sobat selalu mendapat pembelajaran mengenai bisni yg cukup menjanjikan,,

    ReplyDelete
  3. @Asis Sugianto : Terima kasih mas Asis, semoga sedikit memberi pencerahan bagi yang berminat menggali potensi dan merintis bidang Agribisnis, salam... :)

    ReplyDelete
  4. SUkses Slalu Mass!!!
    tukaran link yuk Masss...

    ReplyDelete
  5. @ZuXuZ: Sama-sama, ok segera saya pasang...

    ReplyDelete
  6. Informasi bermanfaat semoga kita bisa mengurangi impor produk pertanian

    ReplyDelete
  7. bicara agribisnis bicara masalah tanaman ya , saya kok kalo menanam ga pernah berhasil ya, kata orang tangannya pasas :D , bener ga ya , btw tks infonya...

    ReplyDelete
  8. patut diperhitungkan mengenai bisnis ini.. setelah ada tips ini. kelihatannya juga cukup menjanjikan ... salam sukses shob

    ReplyDelete
  9. wah setiap artikel di blog ini sangat bermanfaat bagi saya karena saya tinggal di desa.

    namun saya lebih suka menjadi penyedia pupuk,bibit,dan perlengkapan lainnya namun karena saya kekurangan modal ya saya masih mencari rekan bisnis yang mau bekerja sama dengan saya.

    di desa saya sekarang lagi banyak petani sayur.

    ReplyDelete
  10. @gussalim : Selain itu semoga, semakin tumbuh dan beraninya kalangan anak-anak muda untuk terjun berwirausaha bidang Agribisnis...

    ReplyDelete
  11. @surya : Ha ha ha... tidak ada orang kaya gitu mas, semua orang memiliki potensi, itu hanya belum dapat mendalami baik secara internal maupun lingkungan eksternal saja dalam menanam atau beragribisnis, jadi ayo jangan menyerah...!

    ReplyDelete
  12. @syahida : Salam sukses juga mas, banyak peluang Agribisnis namun masih sedikit yang melirik, karena masih berpikiran Agribisnis itu harus bergumul dengan TANAH, dan hanya laku untuk pasar becek (tradisional), padahal BUKTINYA tidak, bagaimana betul ga mas?

    ReplyDelete
  13. @kadek : Mas Kadek, banyak para Formulatior (petugas penjual pupuk dan pestisida) yang kebingungan menjual produknya, Anda bisa bekerjasama dengan mereka untuk penyediaan produknya. sistemnya simpan barang, kalau sudah laku baru bayar (KONSINYASI), kuncinya jalin persahabatan dengan formulator atau pemilik distribusi pupuk dan tekankan prinsip saling percaya, semoga anda bisa tambah sukses dengan Agribisnisnya...

    ReplyDelete
  14. perencanaan dan memaksimalkan potensi yang ada termasuk jaringan, nice posting.

    ReplyDelete
  15. bener juga tuh mas, Sebenarnya Modal itu adalah faktor ke sekian dalam bisnis. yang penting keyakinan kita harus kuat. nice posting...

    ReplyDelete
  16. wah saya kebtulan lagi mau cari peluang bisnis offline, thanks buat artikelnya

    ReplyDelete
  17. informasi yang sangat...sangat... bermanfaat..... slm sukses pa abdul

    ReplyDelete
  18. kelihatannya mudah, tapi bagi orang yang kurang pede macam saya kelihatannya ...gimana gitu.

    ReplyDelete
  19. Gan ! ane' mo bisnis agribisnis terus ga punya modal tapi saya punya kenalan baru lewat blog namanya Bp AbdulSidik,nah kira beliu mo kasi ane' pinjam ga ya Gan ?

    ReplyDelete
  20. Wah, ini masukkan yang sangat berharga nih. Patut untuk dicoba karena saya juga suka suasana pedesaan. Lebih tenang. Terima kasih atas sarannya Pak Sidik. Sukses selalu.

    ReplyDelete
  21. Boleh jug tuh, memanfaatkan modal teman untuk memlai usaha. Memang da sebagian orang yang punya modal berlimpah, tetapi kering akan ide bisnis. Jika diajak kerja sama pasti akan menguntungkan kedua belah pihak.

    ReplyDelete
  22. Tp biaanya sulit bang, klo kita gak punya modal uang.. Kendalanya ada pd semangat kita. Biasanya klo gak ada uang kan gak semangat,heee.. trus gmn cara membangkitkan semnagat tsb?

    ReplyDelete
  23. @BRI Jakarta Veteran : Setuju gan, perencanaan yang matang juga merupakan modal dalam merintis Agribisnis...

    ReplyDelete
  24. @SuryaPost.com : Setuju, keyakinan untuk bisa beragribisnis sangat penting ditanamkan dalam diri ini...

    ReplyDelete
  25. @Sam : Semoga sukses dengan bisnis offline nya ya...

    ReplyDelete
  26. @Muhammad A Vip : Yakin memiliki potensi yang berbeda dengan orang lain dan terus berusaha menggali potensi dalam diri, merupakan salah satu supaya kita tambah PD, salam sukses ya Mas...

    ReplyDelete
  27. @Bang mi'ing : Saya kasih modal buat Bang Mi'ing -174 Ebook GRATIS- sebagai modal merintis usaha anda (sihat di menu produk untuk info lebih lanjut), silahkan kirim email ke: yourebookservice@yahoo.co.id atau Segera hub. Customer Support ya...

    ReplyDelete
  28. @Vlada : Selain tenang, damai, desa juga memiliki berjuta potensi untuk digali untuk merintis usaha...

    ReplyDelete
  29. @Nikmaya John : Setuju Mas John, kalau mas sudah coba dan sukses, ayo sharing terus di sini ya...

    ReplyDelete
  30. @iMemovaz : Kuncinya ada pada diri sendiri, mas harus punya ambisi, komitmen untuk mewujudkan ambisi, dan usaha keras untuk mewujudkan ambisi tersebut. jangan lupa dampingi dengan berdoa...

    kalau semua sudah dibangkitkan, modal uang akan datang sendiri. hal itu seperti yang saya alami, banyak bisnis yang saya lakukan tanpa modal uang, namun modal Kepercayaan Teman....

    ReplyDelete
  31. mantap sharing ilmu bisnisnya kyk boleh juga di terapin di bidang lain.. salam kenal

    ReplyDelete
  32. mantap sharing ilmu bisnisnya kyk boleh juga di terapin di bidang lain.. salam kenal selalu Reserach Target Action

    ReplyDelete
  33. saya punya sedikit bisnis yaitu di bidang perkebunan Kakao.. tapi hasilnya sangat dipengaruhi faktor cuaca, bisa memberi sedikit saran atau tips untuk memaksimalkan hasilnya? thanks ya Kak...

    ReplyDelete
  34. @Ihsan Prawoto : Semoga, salam kenal kembali mas Ihsan...

    ReplyDelete
  35. @Adis Production : Saran saya: 1) Lakukan pemangkasan yang baik dan benar, Pemangkasan berfungsi membentuk struktur pohon primer yang
    baik dan memacu perkembangan cabang-cabang sekunder. Tapi Jangan memangkas pohon yang tidak mempunyai cabang-
    cabang aktif. Hindari memangkas cabang produktif, terutama di pusat
    pohon. Pemangkasan untuk mengendalikan/mengatur ketinggian pohon
    hanya dilakukan terhadap pohon yang aktif tumbuh melampaui 3,5 m.
    Pemangkasan sebaiknya tidak menyisakan jarak antar pohon lebih
    daripada jangkauan lengan (1,5 m)

    2). Lakukan pemangkasan pada pohon naungan untuk meningkatkan penyinaran cahaya matahari.

    3). Kendalikan gulma, Penyiangan gulma secara melingkar untuk
    membersihkan gulma 1 m sekeliling pangkal batang kakao.

    4). Gunakan pupuk kimia dan kandang (yang sudah dijadikan kompos).

    5). Kumpulkan dan benamkan semua buah busuk/hitam dan rusak
    untuk mengurangi penyebaran penyakit busuk buah.

    6). Lakukan Pengerokan sarang
    semut dari pohon untuk
    mencegah tanah yang terinfeksi
    terbawa naik ke pohon

    7). Intensipkan pencegahan pada Kakao yang terkena penggerek buah kakao.

    Terima kasih, semoga Agribinsis kakaunya semakin sukses...

    ReplyDelete
  36. setuju bang. mari kita terus belajar

    ReplyDelete
  37. DRI PENGGALAN ARTIKEL NYA BISA MENGHAPUS ANGGAPAN KL'TAK SELAMA NYA YG NAMA USAHA HARUS PUNYA MODAL BESAR,YG TERPENTING KETEKUNAN,OPTIMISME,BERDOA& SELALU BERUSAHA DAN BEKERJA KERAS DAN PANTANG MENYERAH'

    ReplyDelete
  38. mmm,,, saya paling senang dengan kata2 Relasi.
    karena saya dulu juga pernah usaha hanya bermodalkan relasi, dan saya diberi kepercayaan oleh relasi saya... emang sangat,,sangat bermanfaat punya banyak relasi,,,

    ReplyDelete
  39. siti Charisah berkata...
    saya jadi tahu tentang pengertian agribisnis ,terimakasih banyak pak,
    Pengertian (Masyhuri, 2002).
    ini sejalan dengan yang dikemukakan oleh Davis & Goldberg, dalam bukunya A Conception of Agribusiness tahun 1957. Dia mendefinisikan agribisnis sebagai penjumlahan semua kegiatan yang berkecimpung dalam pabrik dan distribusi alat-alat maupun bahan untuk pertanian, kegiatan produksi pertanian, pengolahan, penyimpanan dan distribusi komoditas pertanian atau barang-barang yang dihasilkan.
    Agribisnis sebagai suatu system dapat dibagi beberapa subsistem yaitu subsistem input pertanian, usaha pertanian, pengolahan, pemasaran dan penunjang. Subsistem usahatani/pertanian sering disebut of farm sedang subsistem lainnya disebut off-farm

    ReplyDelete
  40. tapi sayang,,untuk merintis bisnis tanpa modal biasanya dari skala kecil dulu ya pa,,, hehehe

    ReplyDelete
  41. tapi yang paling penting mungkin balik lagi ke "niat" kita sendiri untuk berwirausaha ya,,,

    ReplyDelete

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!