PELUANG AGRIBISNIS BUNCIS PRANCIS

Peluang Agribisnis Buncis Prancis -  Pernahkah anda makan dengan sayuran buncis Prancis? Nah, buncis prancis ternyata memiliki peluang agribisnis yang cukup menjanjikan.

Buncis prancis atau yang juga sering disebut french bean merupakan sayuran jenis kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi. Buncis (Phaseolus vulgaris L) atau (Phaseolus esculentus salis B) termasuk tanaman berumur pendek. Suhu yang optimum bagi pertumbuhan tanaman buncis berkisar antara 20–25 0C.

Buncis Prancis, berasal dari daerah Amerika Tengah atau Amerika Latin. Bentuk buncis prancis berbeda dengan buncis lokal yang kerap disebut buncis TW. Bentuk buncis prancis lebih bulat dan ukurannya lebih kecil, sedangkan buncis TW lebih pipih dengan ukuran diameter yang lebih besar

Buncis tumbuh baik pada tanah andosol dan regosol, beriklim sedang dan curah hujan antara 1.500 - 2.500 mm per tahun atau 300-400 mm per periode tanam, pH antara 5,5 – 6,0.

Tanaman yang merambat ini dapat tumbuh baik pada dataran tinggi dengan ketinggian antara 1.000-1.500 m dpl, namun tetap hidup pada ketinggian antara 500-600 m dpl. Tanaman buncis tipe tegak hidup pada dataran rendah ketinggian antara 200-300 m dpl, misalnya varietas Monel, Flo dan Strike.

Peluang agribisnis buncis prancis ini lebih menjanjikan pada pasar ekspor baik dalam bentuk buncis segar maupun produk olahan. Negara-negara tujuan ekspor buncis olahan antara lain Singapura, Hongkong, Malaysia, Inggris, Perancis dan Australia.

Untuk Singapura dalam satu hari membutuhkan minimal lima ton buncis prancis ini, dengan harga perkilogram mulai dari Rp. 8.000 sampai dengan Rp. 40.000. Namun peluang agribisnis buncir prancis di pasar lokal (domestik) belum begitu besar. Hal ini kemungkinan masyarakat kita  belum banyak mengenal buncis prancis ini.

Tertarikkah anda untuk memanfaatkan peluang agribisnis buncis prancis ini?

Post a Comment

55 Comments

  1. wah...gan keliatannya bisnis buncis ini mantap, tapi sayang..saya gak gitu suka makan buncis..heheh gan , blog ane sudah di approve..heheh

    ReplyDelete
  2. Peluang bisnis yang menjajikan dengan peluang pasar yg sdh tentu,mantap infonya sahabat,makasih ya!
    Selamat pagi n salam kenal!

    ReplyDelete
  3. peluang yang sangat menjanjikan..
    perlu di ceoba

    ReplyDelete
  4. @SuryaPost.com : Kalau bisnis ga apa-apa mas tidak suka juga yang penting uangnya he he he, ya tadi udah mampir, semakin mantab saja...

    ReplyDelete
  5. @B.S.U. : Yuup mudah-mudahan berhasil gan...

    ReplyDelete
  6. ap buncis prancis dan buncin yg biasa qt mkn beda jauh pa?kl sekilas tampak sama.....
    mungkin komoditi nya xli ya pa yg bikin harga nya ckp jauh dr harga buncis yg udh ad

    ReplyDelete
  7. @Er'end : Mudah-mudahan informasi agribisnis Buncis Prancis bermanfaat bagi pelaku utama dan pelaku usaha di Indonesia...

    ReplyDelete
  8. bagus banget agribisnis buncis kebetulan saya suka buncis

    ReplyDelete
  9. Waah..artikel yg cukup menarik pak, jujur saya mmg blm pernah menemukan buncis prancis di pasar2 lokal apalagi memakannya, klo dilihat dari cara pengembangbiakannya saya rasa ckp mudah utk dibudidayakan dsni, bagi yg mempunyai lahan pasti ini bs jadi salah satu peluang usaha yg bagus apalagi krna blm terjual di pasar2 lokal...trims pak Sidik artikelnya cukup menginspirasi...

    Yuniar Mila Rahmani
    010110032
    Unas Pasim (KBB CJR)

    ReplyDelete
  10. wah , yang baru lagi neh , belum pernah taui ada buncis prancis :D ,

    makasih infonya mas..

    ReplyDelete
  11. mungkin lidah org indonesia lebih suka buncis lokal ya pa abdul.. hehe
    apa buncis lokal lebih bagus gizi nya..???

    ReplyDelete
  12. Assalamu’alaikum wr wb..
    Salam kenal sebelumnya, mohon izin untuk nimbrung…perkenalan dulu saya SONHAJI dari www.pengurasWCtanpasedot.wordpress.com ,saya telah membaca beberapa tulisan di blog anda sangat menarik sekali dan bermanfaat bagi diriku yang newbi ini. Saya akan berkunjungi lagi jika ada tulisan baru. Dan saya berharap adanya kunjungan ini bisa selalu silaturrahim, memperbanyak teman bahkan saudara, terimakasih ya atas respon positifnya.
    Wassalamu’alaikum WR WB

    ReplyDelete
  13. bisnisnya kayanya menjanjikan nih,,,patut di coba

    ReplyDelete
  14. blogwalking bozz,,,,

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  15. akhirnya, saya jadi tahu buncis prancis,,,

    terima kasih pa..

    ReplyDelete
  16. Saya jadi tertarik juga ni,Mas...
    Seandainya saja saya punya lahan...
    Mungkin saya akan coba untuk menanamnya....


    Terimakasih banyak atas info peluang bisnisnya, Mas...

    ReplyDelete
  17. wah mantap ni, kebetulan mas gw pebisnis, mungkin berminat mo ngembangin ni buncis prancis, ,,

    ReplyDelete
  18. Wah,banyak sekali artikel yg bermanfaat di sini khususnya untuk orang2 yang bergerak di bidang agribisnis.. Benar2 blog yang bermanfaat...

    Rika Yuliana
    Pasim Cianjur 010192197

    ReplyDelete
  19. @FENI HERAWATI : Bedanya hanya di bentuk, rasa dan yang paling penting harganya he he he...

    ReplyDelete
  20. @mobil pengantin : Biasanya pembisnis yang sukses dimulai dari menyukai dulu...

    ReplyDelete
  21. @yuniew : Dipasar lokal memang kita akan kesulitan menemukan karena masyarakat belum tertarik dengan buncis prancis ini, namun untuk pasar ekspor sungguh menggiurkan...

    ReplyDelete
  22. @SuryaRahadianto's Blog : Sama-sama mas Surya, semoga buncis prancsinya bisa di coba...

    ReplyDelete
  23. @iwan19991 : Mungkin bukan lidahnya, tapi yang beda harganya, coz harga buncis prancis lebih mahal he he he...

    ReplyDelete
  24. @KURAS WC TANPA SEDOT : Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan peluang agribisnis buncis prancis ini, saya segera ke TKP ya, untuk bersilaturahmi...

    ReplyDelete
  25. @blog item : Silahkan mas di coba, peluang pasar buncis prancis masih luas, jadi jangan sampai kehilangan kesempatan ini...

    ReplyDelete
  26. @spot misteri : Salam kenal kembali terima kasih sudah membaca postingan peluang agribisnis buncis prancis, semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  27. @Teras Info : Bisa di coba bersama-sama dengan petani setempat, asal kita sudah memegang pasarnya dulu...

    ReplyDelete
  28. @kansas expert Wiiih berarti sangat tepat sekali membaca postingan peluang agribisnis buncis prancis. Semoga bisa Action...

    ReplyDelete
  29. @Rika Yuliana terima kasih Rika Yuliana, sudah membaca postingan peluang agribisnis buncis prancis

    ReplyDelete
  30. bagus juga, lagian gak perlu lahan yang luas
    tapi beli bibitnya dimana?
    kalau ditempat bibit yang di cikidang ada gak ya pak ?

    ReplyDelete
  31. perbedaan buncis prancis sama buncis cipanas cianjur apa pa ?? hehe

    ReplyDelete
  32. ada perbedaan rasa ga pa sama buncis cianjur ???? ayo di jawab ya bim salabim jd apa prok prok prok

    ReplyDelete
  33. @abdulsidik :wah,, klo gtu mesti d subsidi ya ma pemerintah c buncis perancis ini,,, hehehe

    ReplyDelete
  34. Siti Charisah berkata: pernah menikmati cuma kurang suka ,buat pecinta agribisnis tunggu apalagi,.
    ......(010192074)

    ReplyDelete
  35. Ass adaga nya buncis buat dataran rendah....?

    ReplyDelete
  36. Ass ....
    wah mantap tuh pak
    bisa di tanam d jangari gak....????

    ReplyDelete
  37. keunggulan buncis prancis sma buncis2 yang lain pa pak?

    ReplyDelete
  38. keunggulan buncis prancis sma buncis2 yang lain pa pak?

    ReplyDelete
  39. Nining Meida PASIMApril 24, 2011 at 2:57 PM

    Buncis2 dr luar memang bagus kualitasnya tp buncis Indonesia jg tdk kalah bgs kuliatasnya pak.

    ReplyDelete
  40. Neneng Meida PASIMApril 24, 2011 at 3:22 PM

    menanam buncis yg paling bagus di Jabar itu di Cipanas...segala sayuran tumbuh dengan baik. soalnya datanya tinggi

    ReplyDelete
  41. Neneng Meida PASIMApril 24, 2011 at 3:33 PM

    selain protein tinggi, kalo terlalu banyak mengkonsumsi Buncis juga mengandung gas dapat menyebabkan perut kembung setelah mengkonsumsinya. Bagaimana caranya menurunkan kadar gas?

    ReplyDelete
  42. Nining Meida PASIMApril 24, 2011 at 3:44 PM

    Buncis memang asal dr luar negeri, bukan asli dr indonesia. Daerah penyebaran tanaman buncis di indonesia terpusat di Bogor...

    ReplyDelete
  43. Neneng Meida PASIMApril 24, 2011 at 3:47 PM

    Kapan masuknya tanaman buncis ke wilayah indonesia, Pak???

    ReplyDelete
  44. Nining Meida PASIMApril 24, 2011 at 3:59 PM

    jd penasaran dgn buncis Prancis

    ReplyDelete
  45. Nining Meida PASIMApril 24, 2011 at 4:16 PM

    Sumber protein yang murah dan mudah dikembangkan..

    ReplyDelete
  46. Nining Meida PASIMApril 24, 2011 at 4:59 PM

    buncis bukan tuk tumis saja tp buat lalab juga enak lho...tinggal di rebus diamkan 5 menit hingga dingin, lalu coel ke sambal ( bagi yg suka sambal )emmm enak...

    ReplyDelete
  47. @ reni suryani: keunggulannya ntu dari namanya aza udah elit,Buncis Prancis bukan Buncis Ciamis,heehehehe

    Rika Yuliana (010192197)

    ReplyDelete
  48. kayaknya di kita masuh jarang tuh pa

    ReplyDelete
  49. peluang bisnis yang ok tuh

    ReplyDelete
  50. negara kita memang negara agraris jadi tepat sekali bila bisnis seperti ini dikembangkan,kalau tekun pasti menghasilkan

    ReplyDelete
  51. Makasih info tntg buncis pranci sekrg aku sudah mulai budidaya bagi yg minat berbisnis buncis prancis bpk darno d pekalongan

    ReplyDelete

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!