PELUANG AGRIBISNIS DARI BUAH MATOA?

[Agribisnis] Peluang Agribisnis dari Buah Matoa. Pernahkah anda melihat dan merasakan buah Matoa? Ya  buah eksotis dari Papua ini ternyata memiliki peluang Agribisnis, yang sangat menjanjikan…

Matoa (Pometia pinnata) merupakan tanaman buah khas Papua, tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Umumnya berbuah sekali dalam setahun. Berbunga pada bulan Juli sampai Oktober dan berbuah 3 atau 4 bulan kemudian.

Di Papua dikenal 2 (dua) jenis matoa, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Ciri yang membedakan keduanya adalah terdapat pada tekstur buahnya, Matoa Kelapa dicirikan oleh daging buah yang kenyal dan nglotok seperti rambutan aceh, diameter buah 2,2-2,9 cm dan diameter biji 1,25-1,40 cm. Sedangkan Matoa Papeda dicirikan oleh daging buahnya yang agak lembek dan lengket dengan diamater buah 1,4-2,0 cm. Dilihat dari jenis warna buahnya, baik Matoa Kelapa mapun Matoa Papeda dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu matoa merah, kuning, dan hijau

Peluang agribisnis yang dapat digali dari buah Matoa dapat dilihat dari rasa buahnya yang unik, karena perpaduan antara rasa kelengkeng, rambutan dan durian…hmmm, sepertinya akan aneh bila anda baru mencicipinya…

Buah Matoa berpeluang besar untuk dijadikan sebagai tanaman yang menguntungkan. Harga jual rata-rata mencapai Rp. 20.000/kg bahkan sering lebih dan tidak pernah murah, buah ini banyak dipesan peminat di luar Papua sebagai oleh-oleh.

Bila sedang musim buah matoa banyak dijual di pasar-pasar, pedagang kaki lima, maupun dijual di tepi jalan. Peluang pasar pun terbuka lebar. Namun bila anda akan mengembangkan agribisnis buah Matoa ini diluar daerah Papua tentunya diperlukan promosi yang cukup karena buah Matoa ini belum populer sebagai buah yang dikonsumsi sehari-hari seperti jenis lain (alpukat, jeruk, mangga, rambutan, pisang, dan lain sebagainya).

Buah Matoa dapat dikonsumsi langsung segar. Selain itu buahnya juga dapat diolah dengan bahan lain menjadi makanan olahan misalnya seperti kolak, es buah, manisan dan buah kaleng…

Kalau anda ingin mengembangkan agribisnis ini, upayakan memperoleh oleh bibit yang baik dan tempat yang sesuai untuk budidaya, umumnya tanaman matoa lebih mudah tumbuh di dataran tinggi.

Bagaimana, apakah anda akan memanfaatkan Peluang Agribisnis dari Buah Matoa ini? Semoga sekilas informasi agribisnis buah Matoa ini dapat bermanfaat, bila sudah merasakan buah Matoa, ayo berbagi cerita disini…

Post a Comment

47 Comments

  1. Wah nampak segar buahnya, pingin rasanya , tapi ko lum ada di t4 ku, kalo harus ke Papua nun jauh disana hmmmmmmmmm kapan ya hehehe
    Info bagus tentang buah yg belum saya knal sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan lihat profil fb berikut (pedagang matoa pati)

      Delete
    2. silahkan lihat profil fb berikut (pedagang matoa pati)

      Delete
  2. @Anisayu : sekarang di daerah-daerah udah mulai dikembangkan

    ReplyDelete
  3. Wah baru tahu ada buah matoa, kalau dilihat dari gambarnya .. jadi pingin nyoba ... tapi kalau di jawa pohonnya bisa tumbuh gak ya shob ... ??

    Oia ... ebooknya dah ane terima ... makasih banyak ..sangat bermanfaat sekali banyak resep dan tips-tips menarik lainnya. Sekali lagi, thanks ...

    ReplyDelete
  4. Kira2 selain ada di Papua, sudah mulai dikembangkan didaerah mana saja ya? terus terang saya baru dengar nama buah matoa ini. Info yang menarik sobat.

    ReplyDelete
  5. waaaaah sama dengan agan diatas nih,
    baru denger ane bozz ,
    :D

    ReplyDelete
  6. d cianjur sudah ada belum pa kira-kira?jd penasaran ingin mencoba buah matoa dri papua

    ReplyDelete
  7. buah nya kl d lihat secara sepintas seperti buah lengkeng,mungkin masih sejenis ya pa?semakin banyak ya jenis buah2an d indonesia

    ReplyDelete
  8. nah ini, saya paling suka yang namanya buah matoa, tapi sayang hanya setahun sekali kita bisa menikmatinya. walaupun terkadang mahal, begitu musim, pasti saya langsung borong dari sang agen.

    ReplyDelete
  9. sayang di tempat dataran tinggi ya , nice info bang , jadi penasaran neh...

    btw, izin pasang linknya , syukur2 link saya di pasang juga :D

    ReplyDelete
  10. @syahida : Sama-sama mas, ayo siapa lagi yang ingin ebook gratis?

    ReplyDelete
  11. @Made Budi : Di Jawa sudah banyak mas, apalagi kalau yang memiliki iklim yang cocok (didataran tinggi)

    ReplyDelete
  12. @feni herawati : ya hampir mirip cuman uniknya kalau buah Matoa memiliki 3 rasa...

    ReplyDelete
  13. @surya : senang sekali, saya juga sudah pasang link blog mas...

    ReplyDelete
  14. @lina@happy family : ya, semoga bermanfaat informasi buah matoa ini...

    ReplyDelete
  15. wah senengnya aq ada
    harapan merasakan buah yg segar dg nyata hehe

    ReplyDelete
  16. Kayaknya enak rasanya yach...Sayang belum pernah merasakannya

    ReplyDelete
  17. Buah matoa sangat enak rasanya manis.. didesa saya ada yang menanam pohon matoa. Ternyata pohon matoa bisa tumbuh subur di dataran rendah tempat saya, jd tidak harus jauh2 ke papua :)
    Thanks infonya bro..

    ReplyDelete
  18. buah ini kira-kira ada g ya di samarinda

    ReplyDelete
  19. emmm apakah buah mantoa memiliki khasiatx bagi tubuh kita???
    di daerah ketinggian mana saja bisa di tanam, apakh di daerah cianjur bisa??

    ReplyDelete
  20. Oh ada 3 rasa y pa?rasa apa aja sih pa yg ada dlm buah matoa,jdi penasaran.....

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Baru tahu ada buah matoa..:)
    Sebuah peluang bisnis yang menggiurkan..

    ReplyDelete
  23. Matoa. tak pernah dengar pun dkt sini,, huhuhuh

    ReplyDelete
  24. wah sbnr nya sih buah matoa ini bisa jadi andalan dlm berbisnis... misalnya di buat manisan,,, tpi sayang mesti mengimpor dr negeri papua ya pak,,,, hehehe klo d tanam daerah Cianjur tumbuh ga ya pa..??

    ReplyDelete
  25. Rasa Matoa memang tiada duannya.Sahabat semua yg belum coba buah matoa silahkan datang kesini(Papua),saya akan menyediakannya untuk sahabat.Makasih Mas untuk infonya,salam erat persahabtan dari Papua.

    ReplyDelete
  26. Di atas disebutkan kalo buah pohon buah tersebut hanya bisa tumbuh di dataran tinggi,tp ini khan merupakan buah khas Papua. Apakah mungkin buah pohon buah ini dapat tumbuh di daerah slain Papua,namun merupakan dataran tinggi?

    ReplyDelete
  27. ingin segara mencoba rasa buah matoa tp beli nya kejauhan
    heheheh

    ReplyDelete
  28. unyuk buah matoa ini sndiri d papua dibandrol mahal ga pa,,??

    ReplyDelete
  29. pak bleh tuh pak jualan d cianjur.hehehheheehe

    nak2 pasim kita wisata kepapua pak.hahay

    ReplyDelete
  30. Neneng Meida PASIMApril 24, 2011 at 2:57 PM

    oh...ternyata buah ini namanya Matoa. sy jd tahu setelah membaca padahal thn 2002 sy pernah mencoba di rmh tmn saya. mereka punya pohonnya. Rasanya unik perpaduan. pokonya TOP dech. sayangnya pohonya langka. mungkin di Cjr hanya tmn saya yg punya hehehe

    ReplyDelete
  31. Nining Meida PASIMApril 24, 2011 at 3:02 PM

    Buah matoa percis rasanya sprt rambutan hanya tdk banyak serat airnya. sy sdh pernah mencoba memang enak sekali dan unik

    ReplyDelete
  32. Nining Meida PASIMApril 24, 2011 at 3:06 PM

    Benar kata bpk pohonya itu tinggi,,,dan berbuah 1 thn sekali. TOP dech info dr blog ini saya jd teringat lg

    ReplyDelete
  33. Neneng Meida PASIMApril 24, 2011 at 3:10 PM

    ga usah ke Papuan di Cjr jg da yg punya pohonya salah satunya temanKu hehe (si Kembar Rini & Rina)
    kalo mau lihat pohonya ada di gg. Atik lumayan bwt penelitian

    ReplyDelete
  34. wah kalo bener di cianjur ada yg jual murah matoanya kasi tau dong aq mau pssan. kabari ya

    ReplyDelete
  35. saya baru tahu ada buah matoa, sekilas dilihat dari gambar sepertinya buahnya manis dan segar, patut dicoba.

    ReplyDelete
  36. Saya baru merasa matoa yang kuning kehijauan.Rasanya enak bagaikan rasa durian campur longan dan manis sekali.Anda patut merasanya.Salam dari brunei.

    ReplyDelete
  37. saya punya pohonya lokasi saya di banjar patroman jawabarat

    ReplyDelete
  38. Saya jual buahnya siap kirim2 ni jejak saya 085641818099 makasih...admin (posisi saya di jawa tengah)

    ReplyDelete
  39. Buah matoa memang enaak sob! :)
    rugi klo gk nyoba.

    Sya aj sampe pnas dalam gara2 mkan buah ni., kbanyakan makan :) puas deh (y)

    silahkan dtang krumahku ya..ada bnyak phonnya Di sungai pinang kampar, riau.

    ReplyDelete
  40. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    ReplyDelete

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!