AGRIBISNIS PENYEMAIAN BIBIT SAYURAN

Agribisnis Penyemaian Bibit Sayuran-Sudah lama saya tidak posting artikel agribisnis dan aplikasi software statistik. Karena sedang fokus memulai bisnis penyemaian bibit sayuran. Hari saya ingin sedikit berbagi ide mengenai agribisnis penyemaian bibit sayuran.

Agribisnis penyemaian bibit sayuran, secara umum belum banyak yang bermain pada agribisnis ini. Petani sayuran pun baru sebatas memenuhi bibit sayuran untuk kebutuhan sendiri. Padahal bila dilirik agribisnis ini sungguh menggiurkan.

Dalam Agribisnis penyemaian bibit sayuran sekiranya ada beberapa isu yang dapat jadi peluang bagi anda yang ingin terjun ke agribisnis ini.

Pertama, selama ini petani masih menyemaikan bibit sayurannya dikebun sendiri. Sehingga hal tersebut menyebabkan ada beberapa lahan yang tidak tergarap karena dipakai oleh penyemaian bibit. Selain itu lahan pun tidak bisa langsung ditanam namun harus menunggu bibit tersebut.

Kedua, banyak para distributor bibit sayuran yang jarang berbisnis sampai tingkat penyemaian. Pada distributor hanya menjual bibit sayuran saja. Sehingga petani yang kadang-kadang tidak tahu cara aplikasi penyemaian akan terkena resiko kegagalan bila tidak memperhatikan tata cara penyemaian yang baik.

Nah, sehingga hal tersebut mulai dari bulan kemarin saya memutuskan untuk terjun beragribisnis penyemaian bibit sayuran karena melirik kedua isu tersebut, bagaimana apakah anda memiliki isu lain tentang agribisnis ini? Silahkan berbagi…

Post a Comment

40 Comments

  1. Menarik juga ya... saya jadi ingin ikutan bisnis ini... karena saya pun menyukai berkebun... tapi saya nggak tau harus mulai dari mana, dan distribusinya kemana? terima kasih infonya ya...

    ReplyDelete
  2. @Lyliana Setianingsih : Memulai dengan niat dulu, kemudian cari peluang bisnis ini, bisa jalan2n ke kebun petani perhatikan biasanya memakai bibit dari mana, kapan mulai menanam dan lainnya. Jangan lupa untuk terus promosi...!

    ReplyDelete
  3. Bisnis yang menarik sob..:)

    Saya suka berkebun. Cuma baru sebatas untuk kebutuhan sehari-hari aja.

    Mungkin bisa dicoba ide bisnis ini..:)

    Salam.

    ReplyDelete
  4. dedi sopandi pasim cjrMay 5, 2011 at 8:42 PM

    jenis cocok tanam nya apa aja pa ?

    ReplyDelete
  5. dedi sopandi pasim cjrMay 5, 2011 at 8:48 PM

    untuk cuaca ada pengaruh ke pertumbuhan ga pa ? atau disesuaikn dengan faktor cuaca dulu ?

    ReplyDelete
  6. untuk biaya penyemaiannya memerlukan biaya yang besar ga pa...???

    ReplyDelete
  7. oo ya... kayaknya bisnis penyemaian ini bisa jadi bisnis menggiurkan, karena tempat tinggal saya didekat dilingkungan pertanian,, hehehe

    ReplyDelete
  8. dedi sopandi pasim cjrMay 7, 2011 at 12:07 AM

    ada artikel cara pengilahannya ga pa ?

    ReplyDelete
  9. menarik , tapi saya gak ada lahan , ada solusi ga kang ?

    ReplyDelete
  10. wah.. sobat, mantap neh. sekarang bener bener dah jadi ahli agribisnis..selamat atas bisnis barunya. semoga sukses dan lancar. infonya sangat menarik. memang selama ini, tidak begitu banyak yang bermain di bisnis penyemaian bibit sayuran. dan dengan pola ini petani lebih memaksimalkan garapan lahannya. nice info.

    ReplyDelete
  11. Segala hal harus tahu ilmunya ya, Pak...
    selamat datang kembali, Pak...

    ReplyDelete
  12. Wah...cocok nih buat saya,...
    bercocok tanam...he..he..

    ReplyDelete
  13. mantap mas abdul sidik, sayaingin juga tapi ditaruh dipolibag saja untuk konsumsi sendiri sekalian untuk hiburan . . .

    ReplyDelete
  14. Neneng Meida PASIMMay 7, 2011 at 9:53 PM

    bagaimana caranya memperoleh bibit yang sedemikian banyak dengan kualitas yang baik?

    ReplyDelete
  15. Neneng Meida PASIMMay 7, 2011 at 9:59 PM

    Info yg sangat bgs buat Agrobisnis supaya tambah berkualitas. Siiip pak

    ReplyDelete
  16. Terimakasih informasinya, mantaf nich bisa tambah pengetahuan

    ReplyDelete
  17. Neneng Meida PASIMMay 8, 2011 at 10:16 AM

    Pokonya Top dech

    ReplyDelete
  18. @Hendri : Banyak bisnis dari rasa suka atau hobi, selamat mencoba...

    ReplyDelete
  19. @dedi sopandi pasim cjr : Kalau dalam agribisnis bukan masalah cocok dan tidak cocok namun jenis tanaman yang paling banyak diminta oleh pasar, semoga bisa jadi inspirasi bisnis...

    ReplyDelete
  20. @dedi sopandi pasim cjr : Beradaptasi dengan cuaca merupakan hal yang paling penting diperhatikan, pandai-pandai mensiasati perubahan cuaca di lingkungan agribisnis pembenihan ini, misalnya kalau kekurangan sinar matahari akibat sering mendukung atau sering hujan bisa ditambahkan di saung penyemaian tersebut dengan lampu khusus yang setara dengan kebutuhan photosintesis bibit tersebut..

    ReplyDelete
  21. @iwan19991 : Biaya relatif, tergantung prospek pasar yang sudah dituju, cek dulu kebutuhan pasar...

    ReplyDelete
  22. @SuryaRahadianto's Blog: Kalau tidak ada lahan bisa kerjasama dengan petani dengan perhitungan "mutualisme (saling menguntungkan)" kita yang punya modal petani yang punya lahan, bisa sewa, kalau misalkan sedikit lahannya dapat dilakukan penyemaian dengan sistem rak hemat lahan namun penghasilannya berkali lipat...

    ReplyDelete
  23. @SuryaPost.com: ya peluang selalu ada selama kita memanfaatkanya, betul kan mas?

    ReplyDelete
  24. Neneng Meida PASIMMay 8, 2011 at 10:51 AM

    Senangnya melihat mulai dr bibit sampai menjadi sayuran segar. Saya pernah melihat petani mulai dari pembibitan sampai sayuran tu di jual ke supplier. Soalnya di belakang area hotel di budidayakan sayuran.
    ◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈
    ░█░░░█░█░▄▀░█▀▀░░░░▀█▀░█░█░█░▄▀▀░ ░█░░░█░█▀░░░█▀░░▄▄░░█░░█▀█░█░░▀▄░ ░█▄▄░█░█░▀▄░█▄▄░░░░░█░░█░█░█░▄▄▀░
    ◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈☻◈

    ReplyDelete
  25. @Teras Info: ya betul, namun Ilmu akan datang ketika berani terjun pada agribisnis ini, action dulu ilmu insya Allah datang dengan sendirinya...

    ReplyDelete
  26. Neneng Meida PASIMMay 8, 2011 at 10:53 AM

    Good Luck Sir (Ganbatte kudasai)
    Semoga artikelnya lebih banyak lg n banyak manfaatnya bwt bangsa ini.

    ReplyDelete
  27. @Ngebook: Silahkan di coba, kalau sudah sukses bagi-bagi infonya disini...

    ReplyDelete
  28. @muhaimin: selain untuk hiburan dalam polibag bisa jadi bisnis mas, misalnya polibag dibuat dari karung terus dikreasikan pake hiasan sehingga polibag bisa ditempel dinding atau digantung...

    ReplyDelete
  29. @Neneng Meida PASIM: Bisa dilihat di suplayer bibit. yang penting dalam agribisnis adalah bibit yang banyak di cari oleh petani...

    ReplyDelete
  30. Neneng Meida PASIMMay 8, 2011 at 2:24 PM

    Betul pak kaya sio pak coy di cipanas lumayan sukses,,

    ReplyDelete
  31. salam sahabat, artikel menarik, saya jadi ingin ikutan bisnis ini, mulai dari mana ya Mas, Lam kenal ya maaf terlambat, jika gan gak keberatan kita link exchange ya saya tunggu ya Gan, tsk

    ReplyDelete
  32. tapi untuk petani sendiri itu lebih melipatgandakan keuntungan atau....???

    ReplyDelete
  33. Saya mmg ngam berkebun, tp di bandar rumit sikit, so dlm pasu sj. Nice green blog. Cheers

    ReplyDelete
  34. pak kalau blh usul bisnis penyemaian tanamannya ngga sebatas hanya sayuran saja,tapi tanaman herbal juga karena mnrt analisis saya potensinya sangat bagus, di luar negri tanaman herbal sangat dicari.jadi, kalau ada dua-duanya saya sangat mendukung pak....

    ReplyDelete
  35. pak kalau blh usul bisnis penyemaian tanamannya ngga sebatas hanya sayuran saja,tapi tanaman herbal juga karena mnrt analisis saya potensinya sangat bagus, di luar negeri tanaman herbal sangat dicari.jadi, kalau ada dua-duanya saya sangat mendukung pak....

    ReplyDelete
  36. altikel yg menarik tp terkadang k bnyakan org takut u/ memulai kerena takut gagal

    ReplyDelete
  37. artikel yang menarik, klo bisa step stepnya di post juga Pak. biar bisa belajar dan sering berkunjung kemari.

    ReplyDelete
  38. wah,,, sibuk bisnis jdi ga bikin artikel lg nih pa,,, hehe

    ReplyDelete

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!