MENENTUKAN SAMPLING ACAK SEDERHANA DENGAN MINITAB - Abdul Sidik.COM

728x90 AdSpace

Sunday, May 8, 2011

MENENTUKAN SAMPLING ACAK SEDERHANA DENGAN MINITAB

Menentukan sampling acak sederhana dengan minitab - Masih banyak sahabat-sahabat mahasiswa, yang masih bingung bagaimana menentukan metode sampling acak sederhana. Nah sekarang saya akan memberikan teknik-tekniknya yang sangat instan yaitu dengan menggunakan software Minitab.

Namun sebelum menentukan metode sampling acak sederhana dengan minitab. Saya ingin bertanya dulu apa yang dimaksud dengan sampel? Hmmm, ok Betul… Sampel adalah sebagian dari populasi artinya tidak akan ada sampel jika tidak ada populasi. Populasi adalah keseluruhan elemen atau unsur yang akan anda teliti.

Kenapa penarikan sampel penelitian ini penting? Agar hasil penelitian yang dilakukan terhadap sampel dapat dipercaya dalam arti bisa mewakili karakteristik populasi, sehingga cara penarikan sampel harus dilakukan secara tepat. Cara pemilihan sampel dikenal dengan nama teknik pengambilan sampel atau ada juga yang menyebutkan teknik atau metode sampling.

Nah yang dibahas pada postingan ini yaitu menentukan metode sampling acak sederhana dengan aplikasi software statistik minitab. Tentunya anda sudah tidak sabar lagi, ok langsung saja praktek ya…

Sebelum menentukan metode sampling acak sederhana, silahkan tentukan populasi yang akan diambil sampelnya. Misalnya jumlah populasi penelitian anda adalah = 300 orang, maka untuk setiap orang populasi tersebut diberikan nomor dari 1 sampai 300. Dan anda hanya menginginkan jumlah sampel sebanyak 30 orang.

Langkah-langkah metode sampling acak sederhana di software minitab adalah sebagai berikut:
  • Pilih menu calc ~ make patterned data ~ Simple set of numbers
  • Isilah tabel yang keluar sebagaimana tampilan pada (gambar 1), nah pada langkah ini merupakan proses pemberian nomor populasi.

Gambar 1

  • Kemudian simpan kursos di kolom C2 dan Pilih menu calc ~ Random Data, pilih menu Sample From Columns
  • Isilah kolom yang keluar sesuai (gambar 2) (proses ini merupakan pengambilan sampel berukuran 30 orang secara acak). Dalam langkah ini kemungkinan setiap peneliti akan mendapatkan hasil yang berbeda.

Gambar 2
Hasil yang keluar di atas merupakan nomor-nomor orang dari populasi yang akan diambil sebagai sampel.

Bagaimana cukup mudahkan menentukan metode sampling acak sederhana dengan aplikasi software statistik minitab? Bila anda ingin postingan khusus pengolahan data penelitian dengan aplikasi software statistik seperti SPSS, SAS, Minitab, Lisrel dan lain sebagainya. Silahkan komentar ya…

MENENTUKAN SAMPLING ACAK SEDERHANA DENGAN MINITAB Reviewed by Abdul Sidik on 7:01 AM Rating: 5 Menentukan sampling acak sederhana dengan minitab - Masih banyak sahabat-sahabat mahasiswa, yang masih bingung bagaimana menentukan metode...

18 comments:

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!