BAGAIMANA CARA ANALISIS STATISTIK DESKRIPTIF DI MINITAB? (Bagian 1)

Bagaimana Cara Analisis Statistik Deskriptif Di Minitab? (Bagian 1)Apa kabar sahabat semua? Hari ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara menghitung statistik deskriptif di Minitab. Lebih tepatnya adalah bagaimana cara aplikasi statistik deskriptif di software statistik Minitab.

Anda sudah tahu apa saja kelebihan dari software statistik Minitab? Kalau belum tahu silahkan anda baca dulu artikel sebelumnya yaitu “Inilah Beberapa Keunggulan dari Software Statistik Minitab”. Ok lanjut lagi bahas analisis statistik deskriptif di minitab-nya yach…

Sebelumnya perlu anda ketahui dulu bahwa secara garis besar ilmu statistik terbagi menjadi dua bagian, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif adalah statistik yang menggambarkan ataupun memberikan deskripsi mengenai ringkasan data, dimana dalam deskripsi tersebut meliputi: ukurang pemusatan (measure of center), ukuran variabilitas data (measure of variability), ukuran bentuk dan ukuran relatif (measure of relative standing).

Contoh ilustrasi kasus yang ingin saya berikan adalah sebagai berikut:

“Saya sedang mendata tentang prestasi nilai UAS mata kuliah di Fakultas Pertanian UNSUR Cianjur, adapun mahasiswa yang terlibat sebanyak 20 orang” datanya adalah sebagai berikut:

No
Jenis Kelamin
Nilai UAS
1
Laki-laki
80
2
Perempuan
75
3
Perempuan
80
4
Perempuan
85
5
Perempuan
79
6
Laki-laki
85
7
Laki-laki
82
8
Perempuan
70
9
Perempuan
75
10
Laki-laki
80
11
Perempuan
70
12
Perempuan
75
13
Laki-laki
80
14
Laki-laki
79
15
Perempuan
85
16
Perempuan
82
17
Laki-laki
70
18
Perempuan
80
19
Laki-laki
70
20
Laki-laki
75

Dari data di atas, Bagaimana Cara Analisis Statistik Deskriptif Di Minitab?. Berikut langkah-langkahnya.



Pertama, silahkan konversi data dulu. Caranya adalah dengan mengganti data-data “laki-laki, perempuan” menjadi numerik. Misalnya ditentukan untuk laki-laki = 1 dan perempuan = 2.

Kedua, buka software Minitab (saya disini memakai software Minitab 16 dan arahkan kursor pada Worksheet 1***

Ketiga, beri nama pada kolom C1: Nomor dan isi sel-sel pada kolom C1 sesuai data pada kasus di atas. Pada kolom C2 beri nama Jenis Kelamin, pada kolom C3 beri nama Nilai UAS.

Keempat, silahkan arahkan kursor ke menu Stat – Basic Statistics – Display Descriptives Statistics. Dan bila sudah tampil kotak dialog Display Descriptives Statistics, maka silahkan anda isi dengan:
  • Variables = Nilai UAS, dengan cara arahkan kursor pada variables kemudian dobel klik pada C3 Nilai UAS sehingga Nilai UAS secara otomatis masuk pada Variables.
  • By varibles (optional) = Jenis Kelamin, dengan cara arahkan kursor pada by variables (optional) kemudian dobel klik pada C2 Jenis Kelamin sehingga Jenis Kelamin secara otomatis masuk pada Variables.



Kelima, silahkan anda klik menu Statistik dan klik menu-menu seperti (Mean, Standar deviations, Variance, Minimum, Maximum, Range, First quartile, Median, Third quartile, Interquartile Range, Mode, Skewness, Kurtosis).

Keenam untuk menampilkan grafik silahkan anda klik menu Graphs kemudikan klik Histogram of data, Histogramof data, with normal curve, Boxplot of Data. Bila sudah silahkan klik Ok

Ketujuh, bila anda ingin segera menampilkan outputnya silahkan klik Ok.

Untuk penjelasan mengenai outputnya, tunggu saja artikel Bagaimana Cara Analisis Statistik Deskriptif Di Minitab? (Bagian 2) yach… 

Ebook tentang pembahasan minitab lebih lengkap, saya jadikan bonus pada olahdatainstan.com. Bila ada yang perlu didiskusikan silahkan komen-komen aja :) di bawah yach... 

Previous
Next Post »
0 Komentar

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!