APLIKASI STATISTIK DENGAN ANALYSIS TOOLS DI MS. EXCEL

Aplikasi Statistik dengan Analysis Tools di Ms. Excel – perhitungan statistik tidak hanya dapat dilakukan pada software statistik  terkenal seperti SPSS, Minitab, Lisrel, SAS dan lain sebagainya. Tetapi dapat juga dilakukan di Microsoft Excel.

Microsoft Excel memiliki beberapa tools yang sangat dibutuhkan untuk analisis statistik. Namun secara umum belum muncul analysis tools untuk statistik di Microsoft Excel, nah hari ini saya ingin berbagi bagaimana memunculkan analysis tools untuk statistik di Microsoft excel. (Ms. Excel yang digunakan office 2007). 

Caranya adalah sebagai berikut:
  • Silahkan klik kanan didekat menu views, kemudian pilih Customize Quick Access Toolbar…
  • Kemudian pilih menu Add-Ins, cari menu Manage dan pastikan ada pada menu Excel add-Ins dan klik Go..
  • Berilah tanda pada Analysis ToolPak pada kotak pilihan Add-Ins availabe: kalau sudah silahkan klik OK dan tunggu beberapa saat akan segera terjadi proses instalasi menu Analysis Tools untuk berbagai aplikasi statistik.
  • Kalau sudah selesai proses instalasi, silahkan klik menu Data kemudian cari menu Data Analysis dan silahkan pilih aplikasi statistik apa yang ingin anda gunakan, banyak pilihan disana, mulai dari ANOVA, Correlation, Covariance, Descriptive Statistics, Regresi, korelasi dan lain sebagainya.
Semoga bermanfaat, anda pemanfaat setia dari Microsoft Excel? Silahkan berbagai apa saja Tools Statistik di MS. Excel, selain seperti yang disampaikan di atas….
Previous
Next Post »
6 Komentar

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!