Ghibah, Multiple, Bangkrut... - Abdul Sidik.COM
Thursday, February 21, 2019

Ghibah, Multiple, Bangkrut...

Abdulsidik.COM~Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepada-Nya. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Nabi Muhammad yang telah bersabda:
.
“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau diam.” (HR. Bukhari dan Muslim)
.
Saudaraku sekalian, ghibah atau menggunjing adalah perbuatan yang pada asalnya dilarang oleh Islam. Ghibah adalah perbuatan dosa besar, yang bahkan Allah menyamakan orang yang melakukan ghibah dengan orang yang memakan bangkai saudaranya.
.
Coba bayangkan ketika engkau melakukan Ghibah kepada 1 orang, orang tersebut melakukannya lagi ke 3 orang berikutnya dan berikutnya dalam waktu satu minggu (1x3x3x3x3x3x3x3 = hitung sendiri), apakah kesucian amalmu akan dikotori oleh Ghibah ini. Sedangkan orang yang di-Ghibahinya mengetahuinya? Disitulah kualitas dirimu ditunjukkan.
.
Teringat ketika membaca pesan dari Ibn Abdil Barr dalam Al Intiqa yang menasihati "Siapa mengenal dirinya, takkan merugiaknnya apapun yang dikatakan orang tentangnya"
.
Masih melekat juga perkataan Imam Asy Syafi'i “Lisanmu, Jangan pernah kaupakai untuk menyebut kekurangan orang. Karena seluruh dirimu adalah ‘aib dan ‘aurat, sedang tiap manusia punya lisan.”
.
Maka benarlah Imam Sufyan Ats Tsaury ketika menyampaikan, “Jika di dekatmu seseorang mengajakmu menggunjing orang, maka ketika kau tiada dia juga akan memburukkanmu di depan orang.”
.
Mari menghindari itu di manapun, bahkan di majelis terhormat yang kadang terselip hal menyerempet ke sana. Ghibah membuat Bangkrut sebab kelak peng-ghibah akan diambil pahala kebaikannya untuk membayar rasa sakit & segala dampak gunjingannya.
.
Di zaman yang serba cepat, serba hi-Teknologi, tentu tidak dapat dihindari, ditongkrongan, ketemu teman, di sosmed dan yang lainnya Ghibah ini menjadi konsumsi ringan "kriuk-kriuk" yang mengugurkan dosa-dosa orang yang di-Ghibahi...
.
Akan tetapi ingat saudaraku pesan dari HR. Imam Muslim "Kalau apa yang engkau ucapkan tentang saudaramu itu benar, maka itulah Ghibah, kalau ternyata yang engkau ucapkan itu tidak benar, maka engkau telah berdusta atas dirinya".
.
Tentu tidak mau jika kelak dirimu, ditagih hutang yang mau tidak mau harus kau bayar pada waktunya, yaitu di hari pengadilan Allah...
.
Semoga diriku, keluarga, saudara-saudaraku terhindar dari Ghibah yang membangkrutkan.
.
AS:21/02/2019 (Sumber: Salim Fillah & berbagai sumber)
Ghibah, Multiple, Bangkrut... Reviewed by Abdul Sidik on 7:30 PM Rating: 5 Abdulsidik.COM~ .  Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepada-Nya. Shalawat dan salam semoga terl...

No comments:

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!