Pernah bertemu dengan tokoh yang hebat? - Abdul Sidik.COM
Tuesday, March 12, 2019

Pernah bertemu dengan tokoh yang hebat?

Abdulsidik.COM~Tampil di forum tertentu atau bertemu dengan tokoh tertentu, itu bukan ujug-ujug. Bukan kebetulan. Ada prosesnya. Membangun nama baik, membangun prestasi, membangun networking dll, boleh dibilang itulah prosesnya.

Bagi saya, networking itu seperti menanam. Ya, menanam. Kadang proses dan hasilnya nggak instant. Yang sering terjadi, proses dan hasilnya sangat lama. Tapi, walaupun makan waktu, walaupun sangat lama, ini layak untuk dikerjakan.

Bagaimana dengan waktu, cukupkah? Pasti cukup. Selalu cukup. Asal kita mau mengalokasikan dan mengatur waktu. Misalnya, pertemuan saya dan Bu Lilis dengan keluarga Toyoda (keturunan dari pendiri Toyota) di Toyota City, Jepang. Jelas, ini bukan ujug-ujug. Sama sekali bukan.

Wasilahnya dari keaktifan Bu Lilis di TIA (Toyota International Association), sebuah lembaga nirlaba yang membantu meng-internasionalisasi Toyota City. Terus, kami ada niat untuk studi banding soal TK dan SD ke Jepang. Setelah mantap dengan niat itu, kami pun berkomunikasi intens dengan beberapa decision maker di Jepang. Ya, ada prosesnya.

Begitu pula pertemuan saya dengan Richard Branson, Syekh Yusuf Qardhawi, Prof BJ Habibie. Bukan kebetulan. Ada prosesnya. Kapan-kapan saya bahas ya soal prosesnya.

Bahasa gampangnya, itu semua perlu waktu, perlu proses. Dan sayangnya, nggak semua orang mau mengalokasikan waktu dan menjalani proses. Padahal ini mutlak. Saya menyebut ini sebagai 'investasi hubungan'.

Berdasarkan pengalaman saya, orang-orang hebat tidak mudah untuk ditemui. Karena itulah kita perlu extra effort dan extra time untuk mengaksesnya.

Lantas, apa saran praktis dari saya? Pertama, alokasikan waktu kita untuk bertemu dengan orang-orang baru. Kedua, aktilah di komunitas dan asosiasi yang positif. Ketiga, jagalah hubungan dengan tetap berkomunikasi.

Keempat, proaktif saat ada kemungkinan untuk bertemu dengan tokoh-tokoh yang hebat. Kelima, pantaskan diri kita sehingga layak bertemu dengan si hebat itu. Memantaskan diri, memang ini tidak mudah. Tapi bukannya mustahil. Bisa insya Allah.

Bagaimana, Anda siap?

Sumber: https://t.me/ipphoright
Pernah bertemu dengan tokoh yang hebat? Reviewed by Abdul Sidik on 6:11 AM Rating: 5 Abdulsidik.COM~Tampil di forum tertentu atau bertemu dengan tokoh tertentu, itu bukan ujug-ujug. Bukan kebetulan. Ada prosesnya. Membangun...

No comments:

Untuk saling berbagi, silahkan berkomentar, saya sangat menghargai komentar anda, Tapi MAAF komentar Spam atau Iklan akan langsung saya hapus!