Tirakat kita di Akhir Zaman


Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan teksAbdulsidik.COM~Menurut kamus besar bahasa Indonesia arti kata tirakat adalah; menahan hawa nafsu (seperti berpuasa, berpantang). Ya berpuasa berpantang terhadap apa yang terjadi di akhir zaman ini. Karena tirakatnya orang diakhir zaman adalah, menahan diri untuk tidak berkomentar tentang suatu yang belum valid kebenarannya.

Dikala tangan ini gatal, ingin mengetik di semua lini medsos, akan tetapi pikiran dan hati tetap berpikir menimbang baik dan buruk.

Keburukan, cercaan, saling hujat, sangat mudah ditemukan tanpa sekat. Bukan karena ketiadaan moral, akan tetapi tirakat yang mulai tidak dikenal.

Murid menghardik gurunya, bertebaran...
Suami/istri membuka aib, sangat mudah ditemukan...
Rakyat yang menghujat pimpinannya jangan ditanya, tiap detik berterbangan...

Padahal setiap apa yang tertulis dimedsos itu cerminan diri, akan jadi pemberi manfaat atau pemberi madhorot. Tidak usah mengeluh, sebagaimana tulisan yang kemarin di posting bahwa kesulitan itu sedikit.

Panatik buta menutup mata, hilanglah berpikir realita. Padahal ada baik ada buruk, ada kurang ada lebih, lebih baik hargai, berargumenlah dengan ilmu, pertanggung jawabkan semua kata dan data.

Jika tidak bisa, lebih baik tirakat, itu lebih bermanfaat sebagai pengurang dosa.

Sepakat?

Post a Comment

0 Comments