Hati-hati Hoax Mempermalukan Anda!

AbdulSidik.COM~ Luar biasanya hoax yang menghantam bangsa kita ini, banyak sekali apalagi dengan kondisi suasana yang panas sekarang setelah selesai pemilihan umum. Harap hati-hati dalam menyeleksi informasi, karena dibalik informasi tersebut banyak sekali motif-motif yang diluncurkan, ada yang bermotif adu domba, ada yang bermotif untuk mendistorsi informasi kubu lawan, dan lainnya.

Dikutif dari Liputan 6.COM menjelaskan asal usul hoax itu adalah:
Alexander Boese dalam bukuny, Museum of Hoaxes, mencatat hoax pertama yang dipublikasikan adalah almanak atau penanggalan palsu yang dibuat Isaac Bickerstaff alias Jonathan Swift pada 1709.
Saat itu, ia meramalkan kematian astrolog John Partridge. Agar meyakinkan publik, ia bahkan membuat obituari palsu tentang Partridge pada hari yang diramal sebagai hari kematiannya.
Swift mengarang informasi tersebut untuk mempermalukan Partridge di mata publik. Partridge pun berhenti membuat almanak astrologi hingga enam tahun setelah hoax beredar.
Jika tidak mampu mengecek lebih baik diam saja, kecuali itu nyata dan sudah terverifikasi dan harus diperjuangkan informasi tersebut agar viral dan dapat mengubah yang asalnya salah menjadi benar, bukan sebaliknya.


Memang pemilu kali ini menguras energi banyak sekali cerita-cerita dari para pelaksana dilapangan yang perjuangannya sungguh berat dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya, belum lagi semua mata mengawasi sekarang karena sudah berbeda dengan dulu, semua serba instan info sana sini sudah dengan mudah dishare dan diviralkan.

Semoga saja apapun yang terpilih nanti dapat legitimasi dari masyarakat yang mempersatukan, mempererat tali bhineka tunggal ika ini.

Post a Comment

0 Comments